Aktivitas

”Peran Pemerintah untuk Industri Beton Pracetak dan Prategang padaPembangunan yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan di Indonesia”

Dalam rangkan Halal Bihalal Syawal 1445 Hijriah Asosiasi AP3I menyelenggarakan Workshop dengan tema “Peran Pemerintah untuk Industri Beton Pracetak dan Prategang pada Pembangunan yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan di Indonesia”, dengan narasumber yang berasal dari Pusat Industri Hijau Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kementerian Perindustrian serta Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Berbahaya Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain itu akan disampaikan sharing technology/produk unggulan beton pracetak dan prategang dari PT. Waskita Beton Precast Tbk. selaku Anggota Asosiasi AP3I.

Workshop ini bertujuan untuk menyampaikan peran pemerintah dalam mewujudkan Indusri Hijau serta manfaat penerapan Industri Hijau khususnya untuk Industri Beton Pracetak dan Prategang, serta membantu industri beton pracetak dan prategang dalam memahami persyaratan penilaian industri hijau dan mempersiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya. Selain itu akan dipaparkan regulasi tentang waste material dan pemanfaatannya untuk Industri Beton Pracetak dan Prategang.

Dengan mengadakan workshop ini, diharapkan industri beton pracetak dan prategang dapat meningkatkan daya saing dan kinerja, mengurangi dampak negatif, dan berkontribusi secara positif terhadap pembangunan berkelanjutan, serta meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya praktik berkelanjutan dalam industri beton pracetak dan prategang, diharapkan akan terjadi perubahan positif dalam pola pikir dan tindakan di seluruh industri. 

Kapasitas produksi Anggota AP3I di awal tahun 2024 tercatat sebesar 26,5 juta ton dari 68 pabrik yang tersebar diseluruh Indonesia. Kebutuhan beton pracetak untuk pembangunan infrastruktur sesuai RPJMN 2020-2024 diperkirakan sebesar 132,12 juta ton, sedangkan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) diperkirakan sebesar 27,52 juta ton. Peran pemerintah tentunya sangat diperlukan sebagai penyemangat bagi Anggota AP3I untuk terus berperan aktif dalam pembangunan nasional. 

Kegiatan worksop ini dibuka oleh Bapak Kris Sasono Ngudi Wibowo, ST., MM. selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kimia Farmasi dan Tekstil, Direktorat Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil, Kementerian Perindustrian. Sebelum membuka acara beliau menyampaikan keynote speech tentang dukungan Kementerian Perindustrian kedapa Asosiasi AP3I.

Selanjutnya workshop dimoderatori oleh Ir. Dudung Maulana Textianto selaku Sekretaris Jenderal Asosiasi AP3I dengan 3 narasumber :

  1. Andalia Gustari, ST

Ketua Tim Perumusan Standar Industri Hijau (SIH)

Pusat Industri Hijau – Kementerian Perindustrian

Materi :

Peran Kementerian Perindustrian dalam Penerapan Industri Hijau pada Industri Beton Pracetak dan Prategang di Indonesi

  1. Ir. Achmad Gunawan Widjaksono, MAS., IPU.

Direktur Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Non Bahan Berbahaya dan Beracun

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Berbahaya Beracun,

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Materi : Potensi Pemanfaatan Limbah B3 dan Nan B3

  1. Ir. Purnomo, MM.

Staff Ahli PT Waskita Beton Precast Tbk. (Anggota Asosiasi AP3I)

Materi :

Sharing Technology/Produk Unggulan Beton Pracetak dan Prategang

  1. Lateral stiffener PCI girder bentang panjang (L>45 meter)
  2. Spun pile diameter 800 mm – 1200 mm dan Mesin uji bending moment

Materi Workshop Asosiasi AP3I 2024

Materi Workshop dapat di unduh melalui link berikut :

https://s.id/MateriWorkshopAP3I2024-04-24

Setelah sesi diskusi dan tanya jawab, sebagai ucapan terimakasih Bapak Bambang Dwi Wijayanto, ST., MM. selaku Ketua Bidang Teknologi Asosiasi AP3I dan Director of Bussines & Development PT Waskita Beton Precast Tbk. menyampaikan cindera mata kepada para narasumber.

Kegiatan workshop ini ditutup oleh DR. Ir. Danis H. Sumadilaga, M.Eng.Sc. selaku Ketua Dewan Pengawas/Pembina Asosiasi AP3I. Sebelum menutup kegiatan beliau menyampaikan keynote speech yang berisi himbauan, saran dan arahan demi kemajuan organisasi Asosiasi AP3I dan Anggotanya.

Kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik untuk berdiskusi dan bertukar pikiran serta sekaligus bersilaturrahim dalam rangka Halalbihalal Syawal 1445 Hijriah pada tanggal 24 April 2024. Dilaksanakan secara hybrid dengan daring melalui zoom dan luring di Waskita Rajawali Tower Lantai 16 – Ruang Auditorium Jakarta, serta streeming youtube @apppi.pusat. Peserta workshop berasal dari Anggota Asosiasi AP3I dan undangan lainnya. Pada akhir kegiatan seluruh hadirin yang hadir berhalalbihalal dengan Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi AP3I sekaligus beramah tamah.

Dokumentasi Workshop Asosiasi AP3I 2024

Dokumentasi Vidio Streaming  Youtube